Kegiatan Ekstrakulikuler

Kegiatan Ekstrakulikuler

Pengembangan diri melalui kegiatan Pramuka

Gerakan Pramuka bertujuan untuk mendidik anak-anak dan pemuda Indonesia dengan prinsip-prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan yang pelaksanaannya disesuaikan dengan keadaan, kepentingan dan perkembangan bangsa dan masyarakat Indonesia agar supaya:

  1. Menjadi manusia yang berkepribadian dan berwatak luhur serta tinggi mental, moral, budipekerti, dan keyakinan agama

  2. Menjadi manusia yang berkepribadian yang tinggi kecerdasan, keterampilan, kuat dan sehat pisiknya.

  3. Menjadi warganegara Indonesia yang berjiwa Pancasila, setia dan patuh kepada negara kesatuan Republik Indonesia, sehingga menjadi anggota masyarakat yang baik dan berguna yang sanggup dan mampu menyelenggarakan pembanunan bangsa dan negara.

Pengembangan diri melalui kegiatan Seni Tari

Seni tari secara garis besar adalah gerak tubuh secara berirama yang dilakukan di sebuah tempat dan waktu tertentu untuk mengungkapkan perasaan, pikiran dan maksud tertentu. Tari merupakan ekspresi jiwa melalui gerak-gerak ritmis yang indah.

Pengembangan diri melalui kegiatan UKS

Usaha kesehatan sekolah atau UKS merupakan usaha yang dilakukan sekolah untuk menolong murid dan juga warga sekolah yang sakit di kawasan lingkungan sekolah. UKS dilakukan di ruang UKS SD AL-IQRA’ MATARAM. Melalui Program UKS diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan peserta didik yang harmonis dan optimal, agar menjadi sumber daya manusia yang berkualitas.

Pengembangan diri melalui kegiatan Latihan Keterampilan Baris Berbaris (LKBB)

Baris-berbaris adalah suatu wujud latihan fisik, diperlukan guna menanamkan kebiasaan dalam tata cara hidup Angkatan Bersenjata/masyarakat yang diarahkan kepada terbentuknya suatu perwatakan tertentu. Tujuan LKBB antara lain adalah :

  1. Guna menumbuhkan sikap jasmani yang tegap dan tangkas, rasa persatuan, disiplin, sehingga dengan demikian senantiasa dapat mengutamakan kepentingan tugas di atas kepentingan individu dan secara tidak langsung juga menanamkan rasa tanggung jawab.

  2. Yang dimaksud dengan menumbuhkan sikap jasmani yang tegap dan tangkas adalah mengarahkan pertumbuhan tubuh yang diperlukan oleh tugas pokok tersebut dengan sempurna.

  3. Yang dimaksud dengan rasa persatuan adalah rasa senasib dan sepenanggungan serta ikatan batin yang sangat diperlukan dalam menjalankan tugas.

  4. Yang dimaksud dengan disiplin adalah mengutamakan kepentingan tugas diatas individu yang hakikatnya tidak lain dari pada keikhlasan menyisihkan pilihan hati sendiri.

  5. Yang dimaksud dengan rasa tanggung jawab adalah keberanian untuk bertindak yang mengandung risiko terhadap dirinya tetapi menguntungkan tugas atau sebaliknya tidak mudah melakukan tindakan yang akan dapat merugikan kesatuan.

Pengembangan diri melalui kegiatan Olahraga Renang

Berenang adalah gerakan sewaktu bergerak di air, dan biasanya tanpa perlengkapan buatan. Kegiatan ini dapat dimanfaatkan untuk rekreasi dan olahraga. Berenang dipakai sewaktu bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya di air. Olahraga renang membuat tubuh sehat karena hampir semua otot tubuh dipakai sewaktu berenang.

Pengembangan diri melalui kegiatan Olahraga Futsal

Futsal adalah permainan bola yang dimainkan oleh dua tim, yang masing-masing beranggotakan lima orang. Tujuannya adalah memasukkan bola ke gawang lawan, dengan memanipulasi bola dengan kaki. Selain lima pemain utama, setiap regu juga diizinkan memiliki pemain cadangan. Tidak seperti permainan sepak bola dalam ruangan lainnya, lapangan futsal dibatasi garis, bukan net atau papan.

Pengembangan diri melalui kegiatan Gemar Membaca

Selaras dengan filosofi Iqra yang artinya baca, lulusan SdAl _iqra diharapkan menjadi siswa yang cinta mebaca sesuai tuntutan lulusan abad 21. Tujuan dari program ini diharapkan peserta didik dapat:

  1. Melalui membaca memperluas wawasan.

  2. Membaca membantu melihat sudut pandang yang berbeda.

  3. Membaca membantu Anda belajar teknik menulis yang dipakai oleh orang yang lebih berpengalaman.

  4. Membaca membuat ide Anda melimpah.

  5. Membaca menjadikan otak dan pikiran Anda aktif.

  6. Membaca merangsang terbentuknya informasi baru di sistem daya ingat yang siap dipanggil kapan saja.

  7. Membaca membuat jalan pikiran Anda menjadi lebih lentur.

  8. Membaca memperkaya kosa kata, pilihan kalimat, dan cara penyajian yang bisa Anda pakai dalam menulis.

  9. Membaca membuat Anda mampu menganalisa, menghubungkan informasi yang terserak, dan melihat benang merah dari sebuah persoalan.

  10. Membaca membuat Anda punya bahan yang banyak untuk menuliskannya kembali.

Pengembangan diri melalui kegiatan Bahasa Inggris

Bahasa Inggris merupakan suatu bahasa yang sangat penting dalam dunia internasional terutama di era globalisasi sekarang ini sesuai tuntunan zaman. Bahasa Inggris digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain diberbagai negara. Untuk mendukung pembelajaran bahasa Inggris di dalam kelas, SD Al-Iqra Mataram juga juga mempunyai kegiatan-kegitan pendukung lainya seperti:

  1. English conversation club.

  2. English public speaking.

  3. Study tour (Untuk mengukur tingkat keberhasilan belajar setiap pertengahan level).

  4. English camp.

  5. Guest teaching ( Learning English with Native Speaker).

  6. Progress report (laporan perkembangan) siswa di setiap skill Metode progress report (scoring, and comment).

Pengembangan diri melalui kegiatan "Pizza in the school"

Terinspirasi dari bagaikan buku sepotong pizza, lahirlah kegiatan pizza in the school di Sd al-iqra. Program ini sebagai wujud mengubah paradigma setiap peserta didik bahwa buku diumpamakan seperti pizza yaitu:

  1. Agar membaca buku tidak lantas membuat kita ngantuk, maka pilihlah buku-buku yang memang kita sukai, sebagaimana Anda memilih makanan yang Anda gemari.

  2. Cicipilah "kelezatan" sebuah buku sebelum membaca semua halaman. Anda dapat mengenali lebih dulu siapa pengarang buku tersebut. .

  3. Bacalah buku secara ngemil (sedikit demi sedikit, laiknya Anda memakan kacang goreng). Apabila Anda bertemu dengan buku ilmiah setebal 300 halaman, ingatlah bahwa tidak semua halaman buku itu harus dibaca.